fbpx
Berita

MENGUJI KEJUJURAN SAAT UJIAN ONLINE

Apa yang kalian rasakan saat ujian tanpa bisa mencontek teman di kelas? Rasanya pasti hampa dan sunyi tak ada lagi bisikan teman untuk mendapatkan contekan. Inilah yang terjadi di dunia pendidikan selama hampir dua tahun. Beberapa tatanan kegiatan masyarakat Indonesia berubah di masa pandemi Covid-19. Tak terkecuali di sektor pendidikan. Tak hanya belajar di rumah, para pelajar juga harus menjalani ujian sekolah secara online di rumah. Di sinilah nilai-nilai kejujuran anak benar-benar diuji. Tidak ada pengawasan dari guru saat siswa mengerjakan soal dengan metode dalam jaringan (daring). Hanya bermodal kepercayaan kepada orang tua untuk membantu mengawasi.

Oleh karena itu, SMK Ar-Rahman Watusalam telah memberlakukan metode daring saat pembelajaran selama pandemi dan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) untuk melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Pada tanggal 8 Maret-15 Maret seluruh siswa kelas X dan XI akan melaksanakan PTS Genap dan kelas XII melaksanakan PAS Genap menggunakan sistem CBT yang akan dibimbing oleh proktor setiap kelas. Semoga diberikan kelancaran internal maupun eksternal, agar semua hasil dan usaha sesuai dengan harapan bagi siswa ataupun guru.

Sesungguhnya:
Motivasi belajar siswa dari diri sendiri sangat membantu agar lebih bersemangat dalam mencari ilmu. Karena memperoleh pendidikan merupakan langkah awal menuju sukses. Belajar mandiri untuk mendapatkan ilmu lebih luas dan menumbuhkan cara berpikir menjadi lebih terbuka. Maka, “Mulailah dari mana kamu berada. Gunakan apa yang kamu miliki. Lakukan apa yang kamu bisa”.

Ingat!!!
“Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini”.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close