fbpx

Pramuka

SMK Ar-Rahman Watusalam memiliki wadah proses pendidikan kepramukaan yaitu Pramuka SMK Ar-Rahman Watusalam Gugus depan 14.121 – 14.122 Sunan Kalijaga – Nyi Ageng Serang. Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah yang harus diikuti sejak kelas X. Tujuan mengikuti setiap kegiatan adalah membentuk generasi tunas bangsa menjadi generasi yang mampu bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, mampu menjadikan diri sendiri lebih percaya diri, bertanggung jawab, mandiri, serta dapat mengamalkan Dasa Dharma sebagai sikap yang harus dimiliki seorang anggota Pramuka.

Pramuka SMK Ar-Rahman memiliki berbagai macam kegiatan dari segi internal dan eksternal. Pada kegiatan internal dapat dilihat ketika melakukan kegiatan latihan rutin di sekolah setiap hari Jumat (setiap Jumat kliwon libur) dengan berbagai macam agenda yang telah dirancang. Sedangkan pada kegiatan eksternal dapat dilihat ketika anggota pramuka melakukan kegiatan di luar sekolah. Berbagai macam agenda yang diikuti berhubungan dengan kegiatan pramuka yang memberikan pengalaman lebih untuk anggota yang mengikutinya.

Berbagai macam kegiatan internal yang telah dilakukan seperti, Musyawarah Tahunan Dewan Ambalan (MUSAM), KBO KPTA, Pelantikan Bantara, Pelantian Dewan Ambalan, serta berbagai macam agenda yang direalisasikan pada saat setiap latihan rutin di hari Jumat. Sehingga seluruh anggota pramuka mendapatkan berbagai macam informasi dan pengalaman yang berbeda. Pada kegiatan eksternal anggota pramuka juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih dari hanya sekadar mengikuti kegiatan pramuka internal. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan anggota pramuka SMK Ar-Rahman Watusalam yang mengikuti berbagai macam kegiatan seperti, Latihan Gabungan atau yang disebut LATGAB, Jota-Joti, Kegiatan Jelajah Juang Rute Pahlawan (JRJP), berbagai macam Saka, donor darah, tanggap covid, dll. Dengan demikian, anggota pramuka SMK Ar-Rahman mampu lebih aktif berhubungan dengan masyarakat luas setelah mengikut berbagai macam kegiatan yang diikuti.

Banyak yang berpendapat bahwa Gerakan Pramuka itu sudah ketinggalan zaman. Memang, di era globalisasi saat ini, bukan zamannya lagi orang diharuskan dapat berkemah, menghidupkan api unggun, atau bermain di alam. Pada era globalisasi ini, orang dituntut untuk dapat bersaing dalam segala hal karena teknologi lebih canggih. Orang tidak perlu bersusah payah berkomunikasi menggunakan morse atau semaphore seperti dalam Pramuka.

Sepertinya minat generasi muda terhadap Pramuka semakin berkurang. Karena semakin sedikit orang yang meminati gerakan Pramuka, maka generasi muda pun ikut tidak meminati Pramuka. Daya minat semakin melemah, akhirnya hanya orang tertentu saja yang masih mengikuti kegiatan Pramuka. Misalnya, hanya saat mengikuti lomba atau memperingati Hari Pramuka saja. Oleh sebab itu, Pramuka pangkalan SMK Ar-Rahman Watusalam berusaha memberikan informasi serta edukasi dengan harapan membangkitkan minat generasi muda pada Pramuka. Tetap semangat menjadi generasi yang tanggap dan tidak ketinggalan zaman.

Back to top button
Close