fbpx
Berita

Pelantikan “Bantara” Dewan Ambalan Sunan Kalijaga – Nyi Ageng Serang

Pelantikan “Bantara” Dewan Ambalan Sunan Kalijaga – Nyi Ageng Serang 11.26-11.121 – 14.26-14.122 Pangkalan SMK Ar-rahman Watusalam

Salam Pramuka !
Pelantikan Bantara merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi untuk mencari bibit penerus generasi pramuka dalam satu gudep.

Pelantikan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 19 Juli 2020 dengan tujuan mecari penerus generasi Pramuka gudep SMK Ar-Rahman Watusalam melalui tema “Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Serta Kebersamaan Antar Sesama Anggota”. Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu secara terpisah, karena melihat keadaan saat ini masih rawan untuk dilakukan kegiatan terlalu lama. Namun, kegiatan kali ini tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai yang disarankan.

Hari pertama Sabtu 11 Juli 2020. Diawali dengan kegiatan registrasi pukul 06.30-07.00 menggunakan metode pengumpulan formulir sebagai absen peserta calon bantara. Setelah registrasi selesai dilanjut upacara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Pramuka, dan Pembina OSIS. Kemudian mulai Uji SKU, para peserta mencari Dewan Ambalan yang terpisah saat bertugas menguji. Hal tersebut dilakukan agar peserta bisa berjuang, bersabar, dan bertanggung jawab. Uji SKU berlangsung selama dua jam yaitu dari pukul 07.00-10.00. Setelah Uji SKU selesai para peserta melanjutkan kegiatan membuat pionering.

Pembuatan pionering bertujuan agar calon bantara dapat memahami dan mengamalkan materi tali temali yang telah dipelajari bukan hanya teori, namun dalam praktek, serta melatih kekompakan dan kebersamaan. Pionering yang telah dibuat yaitu pionering bintang dan pionering kapal. Pembuatan pionering dilakukan dari pukul 10.00-12.00.* Waktu yang diberikan ternyata tersisa, sehingga waktu tersebut digunakan untuk membuat yel-yel. Dilanjutkan Ishoma.

Setelah ishoma selesai dilanjutkan materi yang disampaikan oleh kak Setiawan dari perwakilan Dewan Ambalan tentang pemahaman dasar “Bantara”. Dilanjutkan sharing-sharing dan diisi permainan. Untuk kegiatan terakhir pada pertemuan pertama yaitu pemantapan materi PBB dan kedisiplinan. Ditutup dengan apel dan menginformasikan kegiatan pada sesi kedua pada Minggu 19 Juli 2020. Diakhiri foto bersama sebagai kenangan.
Tak ada yang hebat, tanpa jiwa yang kuat

Pramuka SMK Ar-Rahman Watusalam
Sabtu, 11 Juli 2020

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close